Definisi dan Pengertian Checks and Balances

Definisi dan Pengertian Checks and Balances adalah suatu sistem yang dimaksudkan untuk menjaga sesuatu bagian pemerintah, atau pemerintah secara keseluruhan  dari langkah-langkah yang telah ditetapkan untuk bisanya mencapai satu pemerintahan yang efisien atau satu pemerintahan yang benar-benar melayani kesejahteraan umum, atau kedua-duanya.

Salah satu sistem checks and balances yang sangat terkenal ialah adanya pemisahan kekuasaan (separation of powers) sebagaimana yang dilaksanakan di Amerika Serikat, dimana tanggung jawab dan kekuasaan pemerintahan dialokasikan kepada tiga cabang pemerintah, yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif, serta antara negara-negara (bagian) dengan pemerintah pusat. Antara lembaga-lembaga tersebut saling mengawasi ssatu sama lain. Misalnya, dalam konstitusi Amerika Serikat ditegaskan bahwa semua "bills" sebelum menjadi undang-undang harus melalui dua kamar dari kongres dan juga harus ditandatangani oleh presiden. Oleh karenanya setiap pihak yang tersangkut tersebut bertindak sebagai pengawas terhadap pihak yang lain.

Selain saling memeriksa dan mengawasi antara badan legislatif dan eksekutif tersebut (congress dan presiden), lembaga yudsial juga mempunyai hak yang sama melalui kekuasaannya yang disebut dengan judicial review.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach