Definisi dan Pengertian Norma

Definisi dan Pengertian Norma yaitu suatu aturan yang merupakan petunjuk/ pedoman hidup manusia untuk bertingkah laku dalam kehidupan masyarakat. Norma terbai atas empat bagian yaitu:

Norma Agama. Yaitu bagian dari norma yang merupakan peraturan hidup yang diterima sebagai perintah-perintah, larangan-larangan, dan anjuran-anjuran yang berasal dari Tuhan. Misalnya, aturan untuk tidak melakukan perzinahan.

Norma Hukum. Yaitu peraturan-peraturan yang timbul dari norma hukum yang dibuat oleh penguasa negara. Isianya mengikat setiap orang dan bersifat paksaan serta adanya sanksi-sanksi atau ancaman hukuman terhadap pelanggaran norma tersebut.

Norma Kesopanan. Yaitu bagian dari norma yang merupakan peraturan hidup yang timbul dari pergaulang segolongan oranga/ manusia. Misalnya, adanya norma bahwa orang muda harus menghormati orang yang lebih tua dari segi usia.

Norma Kesusilaan. Yaitu bagian dari norma yang merupakan peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari (insan-kamil). Misalnya, norma yang mengatakan untuk berbuat baik terhadap sesama manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach