Definisi dan Pengertian All Indian Muslim League

Definisi dan Pengertian All Indian Muslim League adalah suatu organisasi muslim yang dibentuk untuk memperjuangkan kemerdekaan India, dan untuk selanjutnya mendirikan negara Islam di atas sub-kontinen tersebut.

Sampai dengan pertengahan abad kesembilan belas, di kalangan orang-orang muslim India masih berkembang rasa cemas dan pesimis akan masa depan mereka, mengingat kedudukannya sebagai kelompok minoritas di tengah-tengah dominasi orang-orang Hindu. Untuk memperjuangkan kepentingan-kepentingan mereka, tokoh-tokoh muslim yang dipimpin oleh Aga Khan III mendirikan the All Indina Muslim League pada tanggal 30 Desember 1906 di Dacca.

Dalam tahun 1909 tokoh-tokoh liga tersebut mencoba mendekati pemerintah Inggris untuk mendapatkan jatah wakil bagi golongan muslim di berbagai lembaga perwakilan.

Sesudah pemisahan India dengan Pakistan, the All Indian Muslim League dipisahkan pula ke dalam dua kelompok, yaitu the Indian Muslim League dan the Pakistan Muslim League. Nama Muhammad Ali Jinnah seringkali dikaitkan dengan liga ini.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach