Budi Utomo

Budi Utomo adalah satu organisasi pergerakan nasional yang pertama kali berdiri di Indonesia pada tanggal 20 Mei 1908 di Jakarta atas anjuran dan dorongan Dr. Wahidin Sudirohusodo dengan dibantu oleh Dr. Sutomo dan Dr. Gunawan Mangunsarkoro.

Pada mulanya organisasi ini bergerak di bidang sosial-bdaya dengan tujuan mengangkat derajad bangsa Indonesia melalui pendidikan rakyat, kebudayaan dan kesenian. Akan tetapi, pada waktu pemerintah kolonial Belanda akan membuka Voolksraad pada tahun 1917, Budi Utomo mulai bergerak dalam soal-soal politik dengan menjalin kerjasama (koperasi) dengan pemerintah kolonial Belanda. Setelah mengadakan kongresnya di kota Solo pada tahun 1935, organisasi yang anggota-anggotanya masih terbatas pada kalangan atas ini meleburkan diri dengan organisasi lain ke dalam Partai Indonesia Raya (Parindra).

Dalam sejarah nasional Indonesia, berdirinya Budi Utomo tercatat sebagai saat kebangkita nasional bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada tanggal 20 Mei sampai sekarang ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach