KNIP atau Komite Nasional Indonesia Pusat

KNIP atau Komite Nasional Indonesia Pusat adalah suatu badan pembantu presiden yang dibentuk oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dalam sidangnya tanggal 22 Agustus 1945.

Komite nasional yang dibentuk di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta ini dimaksudkan sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan kedaulatan rakyat. Komite ini dilantik pada tanggal 29 Agustus 1945, diketuai oleh Kasman Singodimejo, SH dengan anggota sebanyak 135 orang. Dalam sidang komite nasional yang pertama pada tanggal 16 Oktober 1945, komite ini memperoleh kekuasaan legislatif dan ikut menentukan Garis-Garis Besar Haluan Negara atau GBHN.

Dengan demikian, komite ini pada hakekatnya melaksanakan tugas-tugas DPR atau parlemen, hanya saja oleh karena gentingnya keadaan pada saat itu, maka tugas sehari-hari komite tersebut dilaksanakan oleh Badan Pekerja yang dipilih diantara anggota-anggota komite itu sendiri.

Dengan terbentuknya Republik Indonesia Serikat pada awal tahun 1950, maka kedudukan komite ini sebagai parlemen negara Republik Indonesia merosot menjadi parlemen negara bagian RI yang untuk akhirnya dilebur dalam DPR-RI setelah RIS kembali ke bentuk negara kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1950.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach