Definisi dan Pengertian Aliansi

Definisi dan Pengertian Aliansi adalah kesepakatan antara dua atau lebih negara untuk saling bantu membantu di dalam mencapai tujuan-tujuan yang sama atau tujuan-tujuan bersama.

Dalam pengertian sempit, aliansi sering terjadi dan diterapkan dalam pakta-pakta militer. Dalam arti yang demikian aliansi biasanya menyangkut pertahanan negara bersama yang bersifat defensif, kendatipun kadang-kadang juga mengarah kepada segi-segi ofensif.

Pada masa-masa yang lalu, bentuk aliansi yang sudah, maupun yang modern bisa ditemukan dalam perjanjian perdamaian Westphalia tahun 1648 di mana aliansi mulai dikembangkan untuk menghadapi politik ekspansionistis Louis XIV abad ketujuhbelas dan kedelapan belas, serta politik Napoleon pada abad ksembilan belas.

Pada awal abad ke dua puluh, bentuk aliansi yang sangat populer ialah Tripple Alliances dan Tripple Entente. Sedangkan pada masa akhir-akhir ini, bentuk aliansi bisa dilihat pada the North Atlantic Treaty Organization atau NATO, the South East Asia Treaty Organization atau SEATO, the Organization of American States atau OAS, dan perjanjian keamanan bersama antara Australia, New Zealand dan Amerika Serikat atau ANZUS.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach