Definisi dan Pengertian Trusteeship Council

Definisi dan Pengertian Trusteeship Council adalah sebuah Dewan Perwakilan PBB. Suatu badan yang berkewajiban melenggarakan pemerintahan dan melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah yang sesudah diadakan perjanjian-perjanjian tentang hal tersebudengan negara-negara yang bersangkutan diserahkan urusannya kepada Dewan Pengawas ini.

Daerah-daerah yang dapat diletakkan di bawah pengawasan dewan ini diantaranya adalah daerah-daerah mandat. Daerah-daerah yang berada di bawah pengawasan dewan ini dinamakan Trust Territories atau daerah-daerah pengawasan.

Adapun tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mempertinggi kemajuan politik, ekonomi dan sosial serta pendidikan dari penduduk daerah-daerah itu ke arah pemerintahan sendiri sesuai dengan hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Anggota-anggota dewan pengawas terdiri dari anggota-anggota yang memerintah daerah-daerah pengawasan, anggota-anggota Dewan Keamanan beberapa anggota lain yang untuk waktu tiga tahun lamanya dipilih oleh Majelis Umum PBB.

Tiap-tiap anggota mempunyai satu suara dan keputusan diambil dengan jumlah suara terbanyak dari anggota-anggota yang hadir.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach