Defenisi dan Pengertian Plato, Platonisme dan NeoPlatonisme

Defenisi dan Pengertian Plato, Platonisme dan NeoPlatonisme adalah sebuah faham aliran yang bersumber dari ajaran-ajaran Plato. Plato sendiri merupakan seorang filsuf terkenal di zamannya - Zaman Yunani Kuno pada abad 4 sampai 5 sebelum masehi. Pemikiran Plato sangat berpengaruh pada masyarakat era Renaissance dan umumnya berasal dari Italia seperti Nicholas Cusa, Marsilio Ficino, dan Giovannci Pico Della Mirandola.

Ajaran Platonisme sendiri adalah sebuah pemahaman tentang pendapat-pendapat Plato dari berbagai aspek. Sebut saja seperti unsur kehidupan yang berasal dari Air, Tanah, Udara dan Api. Hal ini banyak diterima oleh masyarakat pada zaman Yunani Kuno. Namun demikian, pemahaman Platonisme berkembang pada masa Renaissance berkat Plotinus.

Plotinus menulis beberapa tulisan melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh Plato. Plotinus sendiri mengembangkan ajaran melalui prinsip-prinsip Plato, Ficino dan terkhususnya pemikiran Plotinus sendiri. Ajaran yang sampai sekarang masih dikenal oleh masyarakat adalah Alam Kenyataan atau The Nature of Reality. Yaitu sebuah pemahaman tentang setiap komponen-komponen alam memiliki jiwa, yang pada masa Renaissance sangat bertentangan dengan ajaran-ajaran agama terkhususnya prinsip christianity. Tak heran memang, pada masa tersebut, ajaran tersebut dianggap sesat dan berbahaya dan dikenal dengan istilah Neoplatonisme.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach