Definisi dan Pengertian Guild Socialism

Definisi dan Pengertian Guild Socialism merupakan suatu gerakan yang bersifat khas Inggris. Guild Socialism merupakan suatu ajaran pemerintahan dalam mana badan-badan koperasi umum akan menguasai alat-alat produksi dan akan menyelenggarakan tugas-tugas kenegaraan dalam bidang kesejahteraan. Ide-ide Guild Socialism banyak yang diambil dari sosialisme dan sindikalisme. Sebagai gerakan politik, Guild Socialism bersifat sosialistis, karena menuntut pengambil alihan semua alat-alat produksi dari tangan kaum kapitalis, alat-alat produksi mana akan dikuasai kemudian oleh koperasi-koperasi umum yang harus bersifat otonom. Secara demikian Guild Socialism bertujuan menciptakan demokrasi fungsional atau demokrasi dalam bidang perekonomian.

Guild Socialsm bersifat sindikalistis, karena berpendapat bahwa koperasi-koperasi umum itu sebagaimana halnya dengan serikat sekerja dapat menggantikan negara dan aparatur negara dalam penyelenggaraan kesejahteraan bersama. Mengenai fungsi negara, guild socialism tidak berbeda dari ajaran-ajaran yang sosialistis dan sindikalistis.


Gerakan ini timbul dan menjadi besar di Inggris di bawah pimpinan sarjana-sarjana Inggris disekitar tahun 1907-1914. Peletak dasar gerakan ini iialah seorang Inggris yang bernama Penty di samping didukung pula oleh anggota-anggota fabian society seperti G.D.H Cole, S.G. Hobson dan lain sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach