Definisi dan Pengertian Repelita

Definisi dan Pengertian Repelita adalah sebuah rencana pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintahan Indonesia pada saat Presiden Soeharto menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Repelita merupakan pembangunan jangka pendek yang menjadi program pembangunan jangka panjang. Pembangunan jangka panjang selama 25 tahun disusun atas program jangka pendek setiap lima tahun dengan tujuan-tujuan tertentu. Berikut repelita I sampai V.

REPELITA I, adalah rencana pembangunan lima tahun tahap pertama yang memfokuskan sektor pertanian dan industri. Untuk mencapainya, sektor industri dikembangkan dalam usaha untuk mendukung sektor pertanian.

REPELITA II, adalah rencana pembangunan lima tahun tahap kedua yang memfokuskan sektor pertanian dengan meningkatkan industri-industri untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan baku.

REPELITA III, adalah rencana pembangunan lima tahun tahap ketiga yang meletakkan titik berat pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi.

REPELITA IV, adalah rencana pembangunan lima tahun tahap keempat yang memfokuskan pada sektor pertanian untuk melanjutkan usaha-usaha menuju swasembada pangan dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin industri sendiri, baik industri berat maupun industri ringan yang akan terus dikembangkan dalam rencana-rencana pembangunan selanjutnya.

REPELITA V, adalah pembangunan lima tahun tahap kelima yang memfokuskan pada sektor kesejahteraan rakyat dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada Repelita V ini, Indonesia telah mampu menjaga stabilitas politik dan swasembada pangan tercapai. Pada masa ini, dunia mengenal Indonesia sebagai negara agraris yang mampu mengekspor pangan ke kawasan Asia Tenggara.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach