Defenisi dan Pengertian Absolutisme

Defenisi dan Pengertian Absolutisme merupakan pengertian politik yang dapat diartikan sebagai suatu bentuk pemerintahan di mana semua kekuasaan pemerintah diabdikan kepada kepentingan seorang individu atau kelompok. Secara teoritis bisa dikemukakan bahwa dalam suatu pemerintahan absolute tidak dikenal adanya pembatasan-pembatasan baik secara hukum, moral ataupun pembatasan-pembatasan kelompok lain terhadap kelompok penguasa atau pemegang pemerintahan.

Beberapa ahli berpendapat bahwa pada umumnya penguasa absolute merasa dirinya yang paling mengetahui tentang apa yang paling baik buat negaranya. Dan bahkan ada pula penguasa absolute yang mengangkat dirinya sebagai wakil Tuhan untuk memerintah negaranya. yang terakhir ini beranggapan bahwa dia memerintah atas persetujuan dan petunjuk Tuhan sehingga tidak ada seorng pun yang boleh membatasi kekuasaannya.

Di samping itu, ada ahli lain yang mengemukakan bahwa pada dasarnya manusia itu sendiri yang berhak mengatur memerintah dirinya sendiri, dan manusia sendiri yang berhak menentukan pergaulannya dengan oran lain. Akan tetapi satu kenyataan menunjukkan bahwa sulit dijumpai satu pemerintahan yang benar-benar terhindar dari pengaruh pendapat dan reaksi masyarakatnya, pengaruh negara-negara lain, kebiasaan-kebiasaan moral ataupun terbebas dari pengaruh kelompok-kelompok yang ada dalam negara tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach