Konferensi Malino

Konferensi Malino, yaitu suatu konferensi antara daerah-daerah yang berada di bawah pendudukan Belanda yang berlangsung di kota kecil Malino, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 sampai 16 Juli 1946. Di dalam konferensi tersebut dibahas sekitar rencana pembentukan negara-negara di wilayah negara Indonesia yang akan merupakan negara-negara bagian dari suatu negara federal. Dalam konferensi ini juga dibahas rencana pembentukan suatu negara yang meliputi daerah-daerah di Indonesia bagian timur.

Sebagai kelanjutan konferensi Malino ini, diadakan konferensi Pangkal Pinang pada tanggal 1 Oktober 1946 yang membahas masalah golongan minoritas dan kemudian dilanjutkan dengan konferensi Denpasar yang menghasilkan pembentukan Negara Indonesia Timur.

Konferensi Malino yang diprakarsai oleh wakil gubernur jenderal Hindia Belanda di Malino, Dr. H. Jvvan Mook tersebut dihadiri oleh wakil-wakil dari Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bangka-Belitung, Riau, Sulawesi Selatan, Minahasa, Manado (tanpa minahasa), Bali, Lombok, Timor, Sangihe-Talaud, Maluku Utara, Maluku Selatan dan Papua.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach