Defenisi dan Pengertian Balance of Power

Defenisi dan Pengertian Balance of Power adalah suatu doktrin yang secara ideal menjamin pembagian kekuasaan antar anggota-anggota dari masyarakat internasional, untuk bisa menghindarkan sesuatu bangsa atau kelompok bangsa-bangsa menjadi lebih kuat dibandingkan negara-negara yang lainnya, sehingga mampu menimbulkan kecenderungan untuk menggunakan kekuatan tersebut terhadap kelomopok atau bangsa lain.

Dalam artian ini balance of power telah ada sejak abad kelima belas. Doktrin tersebut menjadi prinsip terpenting dalam mengatur hubungan antara bangsa-bangsa yang berdaulat yang menyertai perjuangan-perjuangan di Eropa abad ke-enam belas antara Francis I dari Perancis, CharlesV dari Spanyol, dan Henry VIII dari Inggris.

Eropa merupakan pusat keseimbangan dunia sampai dengan akhir Perang Dunia I, saat mana eropa mulai kendor kekuatannya. Sesudah Perang Dunia II, Amerika Serikat dan Uni Soviet mulai berkembang sebagai dua kutub kekuatan. Perkembangan-perkembangan baru mulai terjadi, di mana Cina juga tumbuh sebagai kekuatan nuklir dan ekonomi baru di dunia, demikian pula eropa yang mulai menentukan perimbangan kekuatan pada sekarang ini.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach