Defenisi dan Pengertian Pacte De Gouvernement

Defenisi dan Pengertian Pacte De Gouvernement adalah istilah Jean Jacques Rousseau untuk menunjuk perjanjian npemerintahan, yaitu suatu perjanjian antara rakyat dengan orang atau kelompok orang yang diberikan kekuasaan dengan beberapa syarat tertentu yang harus dihormati dan ditaati oleh kedua belah pihak. Kepada orang tersebut diberikanmandat untuk menjalankan kekuasaan atas nama rakyat. Perjanjian semacam ini akan melahirkan lembaga pmerintahan atau negara.

Perbedaan antara perjanjian pemerintahan ini dengan perjanjian masyarakat yang sebenarnya atau pacte d'association, ialah menyangkut individu yang terlibat dalam perjanjian ini. Yang terlibat dalam perjanjian pemerintahan ini ialah anggota-anggota masyarakat yang sebelumnya sudah dibentuk melalui pacte d'association dengan seorang atau sekelompok orang yang kemudian merupakan para pemimpin masyarakat itu.

Istilah lain yang biasa digunakan untuk perjanjian pemerintahan ini, ialah pactum subjectionis, herrschaftsverdrag (istilah Otto von Gierke), onderwerpingsverdrag ataupun contract of government.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach