Defenisi dan Pengertian Nasionalisme

Nasionalisme adalah suatu paham yang mengemukakan bahwa kesetiaan tertinggi individu diserahkan kepada negara kebangsaan. Di samping itu, nasionalisme bisa pula diartikan sebagai fusi antara patriotisme dengan kesadaran bangsa. Dengan demikian, ciri khas dari nasionalisme adalah paham yang menuju kepada satu kesatuan atau paham untuk menjadi satu.

Erat hubungannya dengan istilah nasionalisme adalah istilah nation atau bangsa yang diartikan sebagai kelompok manusia yang karena persamaan latar belakang kemasyarakatan kemudian merupakan satu bangsa. Di samping itu, dikenal pula istilah nationality, yang diartikan sebagai suatu keadaan atau status sebagai anggota dari bangsa tersebut.

Dalam bahasa Indonesia, nationality dan nasionalisme disalin dengan kata yang sama, yaitu kebangsaan. Hanya saja bedanya nationality merupakan pengertian secara yuridis, sedangkan nasionalisme adalah pengertian politis dan sosiologis, oleh karena sudah menyangkut persoalan atau paham yang menuju kepada terwujudnya satu bangsa.

Comments

Popular posts from this blog

Defenisi dan Pengertian Territoriale ZEE En Maritieme Kringen Ordonantie 1939

Definisi dan Pengertian Bargaining Politik

Definisi dan Pengertian Behavioral Approach